Artikel

MANAJEMEN DIRI

MANAJEMEN DIRI

“Ketika kita gagal mengelola diri, berarti kita sedang memastikan kegagalan diri”

Setiap kita menginginkan hidup sukses, bahagia, cukup harta, hidup berkeluarga dan dapat melakukan kebaikan-kebaikan dalam rangka aktualisasi diri. Ada keinginan dan harapan tanpa batas yang ingin dicapai oleh setiap insan. Di sisi lain, setiap manusia memiliki keterbatasan sumber daya (resources) yang dimilikinya sehingga keinginan tanpa batas itu tidak mungkin didapatkan bersamaan pada saat ini juga.

Dengan kesadaran yang utuh bahwa diri kita sebagai aktor kehidupan, maka langkah untuk mencapai berlaksa harapan kesuksesan itu harus dimulai dari diri. Dalam pelaksanaanya dibutuhkan teknologi untuk mengoptimalkan sumber daya pribadi yang terbatas sehingga mampu meraih kesuksesan tanpa batas. Teknologi kehidupan yang paling universal adalah manajemen. Berdasarkan hal itulah manajemen diri menemukan urgensi signifikannya.

Manajemen diri merupakan rahasia kesuksesan dari pribadi-pribadi berkualitas. Kesungguhan, kecermatan, ketepatan dan perilaku keseimbangan dalam mengelola diri merupakan sikap profesional yang perlu dikembangkan dan dihayati, sehingga menjadi sesuatu yang inheren dalam diri kita. Kemampuan menata diri merupakan basis fundamental dari kesuksesan dalam lingkup sosial, organisasional, bahkan berbangsa dan bernegara.

Dalam ilmu manejemen, dikenal empat fungsi manajemen, yaitu planing, organizing, actuating, dan controlling. Empat fungsi manajemen tersebut bisa juga dipraktikkan dalam konteks individu seperti tergambar dalam bagan berikut ini:

Perencanaan merupakan langkah pertama dalam manajemen diri. Ketika gagal dalam merencanakan diri, sama dengan merencanakan kegagalan sendiri.
Self Planing bisa diwujudkan dalam hal-hal berikut ini:

  1. Buatlah dokumen pribadi secara tertulis yang memuat:
    1. Visi dan Misi Hidup
    2. Analisis SWOT pribadi
    3. Nilai pribadi (personal value) yang dianut dan prinsip pembentuk hidup
    4. Target yang ingin dicapai dengan karakteristik SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic)
  2. Di awal setiap hari, bayangkan apa yang akan Anda lakukan dari memulai aktifitas sampai tertidur kembali. Bayangkan dan rasakan apa yang dilakukan, untuk apa, dengan siapa, di mana, kapan dan bagaimana itu terjadi sesuai keinginan kita.
  3. Berdoalah kepada Allah SWT atas apa yang kita ingin capai baik di dunia ataupun di akhirat. Doa adalah usaha menyamakan frekuensi perencanaan diri kita dengan perencanaan Allah SWT atas diri kita.

Setelah kita memiliki arah yang jelas dengan perencanaan diri, maka mulailah menata semua potensi untuk mencapai target yang telah ditentukan oleh diri kita dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Tata seluruh sumber daya yang kita miliki, baik waktu, uang, harta, kesehatan, teman, lingkungan, nilai-nilai hidup, dan motivasi.
  2. Belajarlah untuk selalu mengatur diri sendiri. Fungsikan semua potensi diri untuk mecapai tujuan
  3. Buatlah skala prioritas dalam bekerja, dahulukan yang utama (first things first) dan manajemen waktu

Self Actuating merupakan fungsi manajemen diri yang bermakna:

  1. Segera lakukan, Just do it !!
  2. Aplikasikan apa yang telah Anda rencanakan
  3. Bekerjalah dengan kerja ikhlas, kerja mawas, kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas, kerja kualitas, kerja selaras, kerja welas, kerja totalitas, dan kerja puas
  4. Pastikan setiap hari kita memiliki produktifitas. Ada sesuatu yang bertumbuh dan berkembang dengan action yang kita lakukan

Self Controlling bisa kita lakukan dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Lakukan kontrol di awal kegiatan: Pastikan niat kita hadir secara sadar dalam aktifitas yang kita lakukan. Pastikan apa yang mau dilakukan sesuai dengan perencanaan diri kita
  2. Lakukan kontrol saat kegiatan berlangsung. Pastikan pelaksanaannya sesuai dengan rencana. Situasi dan kondisi sangat dinamis. Jika ada perubahan yang bisa menggagalkan rencana, segera ambil tindakan
  3. Lakukan kontrol diakhir kegiatan. Bandingkan hasil yang diperoleh dengan dengan rencana yang sudah dibuat
  4. Tulislah apa yang telah dilakukan dan dicapai.
  5. Sebelum tidur, evaluasi-lah perjalanan hari ini. Sudahkah kita lebih baik dari kemarin?

Selamat menjadi manajer untuk diri sendiri….
Selamat dalang atas kehidupan kita sendiri….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill all widget settings!