Uncategorized

ORGANISASI MASA DEPAN

ORGANISASI MASA DEPAN

Mengelola masa depan sangat tergantung kemampuan kita mengelola  lembaga kita secara lebih profesional. Aspek-aspek manajemen  yang menjadi isu menarik untuk  organisasi masa depan dalam pandangan Stoner (1996)- 5 poin dan dalam mengelola organisasi masa depan,  menurut Carol Kennedy (1999)-20 poin.

Organisasi masa depan menurut Stoner (1996) :

1. Lingkungan  penentu organisasi, meliputi: lingkungan alam, tanggung jawab sosial dan etika, globalisasi, mendirikan dan memperbaharui organisasi (organization change), budaya, multi budaya dan  perubahan budaya, mutu.

2. Perencanaan, meliputi pembuatan keputusan, perencanaan dan manajemen strategis, implementasi strategi.

3. Pengorganisasian, meliputi desain organisasi dan struktur organisasi, kekuasaan dan distribusi  wewenang, manajemen SDM, mengelola perubahan organisasi dan inovasi.

4. Kepemimpimpinan, meliputi motivasi, kepemimpinan, tim dan kerja kelompok, komunikasi dan negoisasi.

5. Pengendalian, meliputi pengendalian efektif, manajemen operasi, dan sistem informasi.

Cara mengelola   organisasi  di atas  adalah contoh alternatif saja. Pada hakekatnya  dengan dunia  terus  berubah, suasana organisasi  terus  berubah, lingkungan organisasi terus berubah. Cara-cara lama  dalam mengelola  organisasi  harus terus  dievaluasi, jika sudah tidak sesuai  perlu diperbaiki, diganti atau bahkan dirusak  total  dan membangun baru. Cara-cara kita mengelola sesuatu sedang berubah, dengan cara para pandang  dan paradigma baru. Dari Indonesia  dahulu  naik haji dengan kapal laut, kemudian  dengan pesawat terbang, namun masih mahal. Kita harus mencari model baru lagi.

Manajemen  adalah sebuah seni, tidak ada  yang tepat betul. Karena kebenaran hakiki hanya  milik Tuhan semata. Orang mencoba menggali  dari pengalaman  dan pengamatan  pribadi untuk mengelola organisasi. Kennedy  merumuskan   komponen penting dalam mengelola  organisasi, yaitu:

  1. Mengelola  perubahan
  2. Keahlian mengelola organiasi,
  3. Mengelola perubahan,
  4. Mengelola manusia,
  5. Mengelola pengetahuan,
  6. Selalu motivasi,
  7. Kepemimpinan,
  8. Strategi dan pemikiran strategis,
  9. Membuat keputusan,
  10. Mengelola waktu
  11. Misi dan kebudayaan perusahaan,
  12. Kinerja perusahaan,
  13. Melakukan pemasaran,
  14. Keunggulan kompetitif,
  15. Mengelola mutu,
  16. Mengurus pelanggan,
  17. Mengelola informasi,
  18. Menajamen global,
  19. Re-engineering  organisasi
  20. Membaca masa depan.

Dua puluh komponen di atas  hanyalah wacana  akademis, anda harus  mencoba mana yang paling cocok dengan  organisasi anda. Kenalilah  konsepnya dengan baik, cobalah terapkan,  jika  tidak sesuai  modifikasilah  atau anda  melakukan evaluasi  mendalam  dan menemukan sesuatu yang baru  untuk organisasi anda.  Pengalaman kami, mengulang  membuat proposal yang sama  lebih dari  5 kali  buka komputer, alias  tidak sekali kerja jadi.

Lakukan yang terbaik  untuk masa  depan organisasi  anda. Tidak ada  yang salah  dalam bekerja,  akan tetapi  kita  akan salah jika  tidak mau memulai   dan hanya menunggu perubahan. Ramulah resep  normatif  dan resep operasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please fill all widget settings!