Artikel

ONE DAY TRAINING SERVICE EXCELLENCE

ONE DAY TRAINING SERVICE EXCELLENCE

Pertemuan kami dengan teman-teman PT Neuronwork Indonesia berawal pada bulan Desember 2015. Hampir setiap tahun kami bekerjasama dengan berbagai topik training dalam bingkai Program Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Sampai pada momen ini, 29 Februari 2020,  kembali TRUSTCO membersamai NEURON. Bertempat  di rooftop kantor yang nyaman, kami sharing mengenai topik Service Excellence. Tema ini adalah tema yang senantiasa melekat dalam kehidupan sehari-hari. Seiring berkembangnya PT Neuronwork Indonesia  yang diikuti dengan bertambahnya SDM baru, tentu harus memiliki pemahaman yang sama dalam memberikan pelayanan prima kepada customer perusahaan.

Sebagai pengantar pelatihan, kami sampaikan materi Selamat Datang di Era Horizontal. Dunia terus mengalami perubahan, bahkan perubahan yang terjadi sangatlah cepat. Perubahan yang sangat cepat jika tidak diikuti dengan percepatan peningkatan skill, akan menjadikan kita sebagai orang yang ditinggalkan. Sekarang ini semua orang sudah bisa ter-connect dengan lebih mudah satu dengan yang lain.  Bahkan dalam konteks bisnis, connectivity terjadi tidak hanya antara perusahaan dengan pelanggan, namun juga diantara sesama pelanggan. Hal ini berlaku bukan hanya di dunia nyata, tetapi bahkan di dunia maya. Akibatnya, arus informasi tidak mengalir vertical seperti dulu lagi.

Ada 3 jenis konekivitas yang menjadikan wajah dunia tidak seperti dulu lagi. Mari kita lihat bersama

  1. Mobile Connect

Saat ini kita bisa lebih mudah melakukan mobilitas secara fisik dari satu tempat ke tempat lain. Peningkatan mobilitas tidak hanya terjadi secara fisik. Kemajuan mobilitas manusia juga ditandai dengan perkembangan teknologi yang menjadikan pertukaran informasi bisa dilakukan melampaui batas-batas geografis. Hanya dengan beberapa gerakan jari sebuah pesan sudah bisa “terbang” melintasi bumi!

Orang dengan cepat mengetahui informasi mengenai perusahaan kita tanpa harus berkunjung ke tempat kita, bahkan lebih percaya review yang diberikan oleh orang lain terhadap pelayanan yang kita lakukan selama ini kepada pelanggan.

 

  1. Experiential Connect

Teknologi ternyata membuat dunia tambah fun! Salah satunya, teknologi memegang peranan penting dalam meningkatkan ikatan emosional lewat pengalaman yang berkesan. Inilah experiental connect!

Pernahkah kita mencoba baju secara digital di toko pakaian? Kita cukup berdiri di depan layar TV raksasa yang bisa memantulkan tubuh kita dengan berbagai pilihan busana.Nah, itulah gambaran toko-toko masa depan yang makin experiential, makin fun. Di masa depan, tren ini akan semakin meluas, sekaligus menciptakan tantangan pemasaran baru bagi perusahaan.

 

  1. Social Connect

Social media booming memang telah melanda berbagai aspek di dalam kehidupan kita. Saat ini, hampir semua perusahaan dengan berbagai ukuran telah memiliki social media untuk memperkenalkan dan mempromosikan dirinya. Tren serupa juga melanda di dunia nyata. Komunitas-komunitas dengan berbagai corak dan warna menjamur dimana-mana. Ada yang disatukan oleh kesamaan hobi, ada pula yang seiring sejalan karena memiliki kesamaan tujuan yang ingin diwujudkan.

Apakah ini peluang atau justru sebuah tantangan?

Bisa kedua-duanya, tinggal bagaimana kesiapan kita menghadapinya.

 

Pada sesi selanjutnya, beberapa topik  yang menjadi pembahasan adalah :

  1. Pentingnya Pelayanan Prima bagi Perusahaan,
  2. Identifikasi Karakter Diri (sebelum mengidentifikasi karakter para pelanggan)
  3. Skill Berkomunikasi dengan Pelanggan
  4. Etika Pelayanan Prima

Semoga dengan terlaksananya One Day Training mengenai Service Excellence menjadi spirit bagi tim Neuron untuk terus belajar dan mengaplikasikan ilmu yang didapat. Sukses Selalu untuk PT NEURONWORKS INDONESIA.