Mengelola masa depan sangat tergantung kemampuan kita mengelola lembaga kita secara lebih profesional. Aspek-aspek manajemen yang menjadi isu menarik untuk organisasi masa depan dalam pandangan Stoner (1996)- 5 poin dan dalam mengelola organisasi masa depan, menurut Carol Kennedy (1999)-20 poin.
Organisasi masa depan menurut Stoner (1996) :
1. Lingkungan penentu organisasi, meliputi: lingkungan alam, tanggung jawab sosial dan etika, globalisasi, mendirikan dan memperbaharui organisasi (organization change), budaya, multi budaya dan perubahan budaya, mutu.
2. Perencanaan, meliputi pembuatan keputusan, perencanaan dan manajemen strategis, implementasi strategi.
3. Pengorganisasian, meliputi desain organisasi dan struktur organisasi, kekuasaan dan distribusi wewenang, manajemen SDM, mengelola perubahan organisasi dan inovasi.
4. Kepemimpimpinan, meliputi motivasi, kepemimpinan, tim dan kerja kelompok, komunikasi dan negoisasi.
5. Pengendalian, meliputi pengendalian efektif, manajemen operasi, dan sistem informasi.
Cara mengelola organisasi di atas adalah contoh alternatif saja. Pada hakekatnya dengan dunia terus berubah, suasana organisasi terus berubah, lingkungan organisasi terus berubah. Cara-cara lama dalam mengelola organisasi harus terus dievaluasi, jika sudah tidak sesuai perlu diperbaiki, diganti atau bahkan dirusak total dan membangun baru. Cara-cara kita mengelola sesuatu sedang berubah, dengan cara para pandang dan paradigma baru. Dari Indonesia dahulu naik haji dengan kapal laut, kemudian dengan pesawat terbang, namun masih mahal. Kita harus mencari model baru lagi.
Manajemen adalah sebuah seni, tidak ada yang tepat betul. Karena kebenaran hakiki hanya milik Tuhan semata. Orang mencoba menggali dari pengalaman dan pengamatan pribadi untuk mengelola organisasi. Kennedy merumuskan komponen penting dalam mengelola organisasi, yaitu:
- Mengelola perubahan
- Keahlian mengelola organiasi,
- Mengelola perubahan,
- Mengelola manusia,
- Mengelola pengetahuan,
- Selalu motivasi,
- Kepemimpinan,
- Strategi dan pemikiran strategis,
- Membuat keputusan,
- Mengelola waktu
- Misi dan kebudayaan perusahaan,
- Kinerja perusahaan,
- Melakukan pemasaran,
- Keunggulan kompetitif,
- Mengelola mutu,
- Mengurus pelanggan,
- Mengelola informasi,
- Menajamen global,
- Re-engineering organisasi
- Membaca masa depan.
Dua puluh komponen di atas hanyalah wacana akademis, anda harus mencoba mana yang paling cocok dengan organisasi anda. Kenalilah konsepnya dengan baik, cobalah terapkan, jika tidak sesuai modifikasilah atau anda melakukan evaluasi mendalam dan menemukan sesuatu yang baru untuk organisasi anda. Pengalaman kami, mengulang membuat proposal yang sama lebih dari 5 kali buka komputer, alias tidak sekali kerja jadi.
Lakukan yang terbaik untuk masa depan organisasi anda. Tidak ada yang salah dalam bekerja, akan tetapi kita akan salah jika tidak mau memulai dan hanya menunggu perubahan. Ramulah resep normatif dan resep operasional.